Hak dan Kewajiban Sesama Muslim

 

Hak dan Kewajiban Sesama Muslim

Adanya kaum muslim adalah nikmat dari Allah SWT.  Begitu pula muslim yang ada di Denpasar, data dari Dewan Masjid Indonesia terdapat 183 masjid dan musholla yang ada di Denpasar.


Jumlah kaum muslimin di akhir zaman sangat banyak. Namun, banyaknya jumlah kaum muslim ini dikepung oleh orang-orang yang ingin menghancurkan islam. Seperti buih di lautan. Hal ini terjadi karena adanya peselisihan di antara kaum muslimin.


Saat ini akan kita bahas solusinya. Harapannya kita kembali seperti generasi terdahulu, Masa Keemasan. Rasulullah memotivasi ummat agar bersatu. Hadist dari Riwayat Muslim : Rasulullah bersabda, hak muslim terhadap muslim lainnya ada 6 yaitu :

1. Ucapkan salam

2. Mendatangi undangan

3. Nasehatilah jika meminta

4. Ucapkan Tasydid saat bersin

5. Jika sakit jenguklah

6. Jika meninggal iringi jenazahnya


Ini cara Rasul untuk mendamaikan muslim. Jika ini hilang, maka terjadilah perselisihan. Penjelasan Hadist ini, bahwa hak muslim terhadap muslim lainnya adalah ucapan salam. 


Qur'an Surat Annur (27) : Hai orang beriman, jangan masuk ke rumah yang bukan rumahku. Sampai engkau meminta ijin dan mengucapkan salam. 

Dalam hal meminta ijin berlaku untuk universal, tidak hanya kaum muslimin. Tapi untuk mengucapkan salam hanya untuk kaum muslim. 

Dalam bertamu, tidak boleh mengintip karena khawatir jika ada syubhat seperti melihat aurat. 


Mengucapkan salam itu penuh dengan keberkahan. Ucapkanlah salam, meskipun tidak ada siapa-siapa, meskipun memasuki rumah kosong, karena malaikat yang akan membalas. Adab membalas salam adalah balas dengan salam yang lebih baik. Waalaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh. Atau minimal setimpal. Waalaikumussalam.


Hadist Riwayat Muslim : tidak akan masuk surga sampai kalian beriman kepada Allah SWT. tidak akan masuk surga sampai kalian mencintai antar kaum muslimin. Salam akan menghilangkan perselisihan, rasa dengki, rasa iri, dan suudzon.


Abdullah bin Umar ketika rasulullah sedang sholat. Beliau mengucapkan salam dan Rasul menjawab dalam keadaan sholat. Dalam pertemuan ke-2 Rasul tidak menjawab. Abdullah bin Umar penasaran, dan bertanya kepada Rasul. Dulu di masa awal diperbolehkan, tapi saat ini tidak boleh menjawab salam, dalam sholat hanya perkataan quran dan dzikir. Adab orang sholat menjawab salam adalah dengan mengisyaratkan tangan.


Persaudaraan keislaman itu melebihi persaudaraan antar bangsa. Inilah Ukhuwwah Islamiyyah.


Salam sebagai pengikat persaudaraan muslim satu dengan lainnya, hati dengan hati. Jangan melihat statusnya, kaya miskin semua sama. Yang terbaik adalah yang memulai salam. 


Jika salam bisa dikonversikan dengan uang.

Assalamualaikum 10

Assalamualaikum warohmatullah 20

Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh 30

Maka betapa banyak orang yang akan berlomba-lomba melakukannya.

Tapi inilah akhirat. Tidak bisa dilihat kecuali dengan keyakinan. Pandangannya bukan dunia, melainkan kacamata iman kepada Allah.


Rasulullah bersabda : Apabila dalam suatu tempat seseorang telah mengucapkan salam dan telah terhalangi oleh batu kemudian bertemu kembali oleh saudara muslim maka diperbolehkan mengucapkan salam.


Mengucapkan salam hukumnya Sunnah.

Menjawab salam hukumnya Fardlu 'Ain, wajib.

Ketika dalam majlis, jika ada yang mengucapkan salam, cukup 1 orang saja sudah mewakili semua yang menghadiri majlis.


Makruh hukumnya mengucapkan salam kepada wanita asing, apalagi masih muda. Karena bisa menimbulkan fitnah dan syahwat. Kecuali dengan wanita yang sudah tua renta.


Makruh hukumnya mengucapkan salam kepada orang yang membaca qur'an, berbicara, berkhutbah, memberikan nasihat, yang sedang mendengarkan.


Tidak pantas muslim satu dengan lainnya bermusuhan lebih dari 3 hari. Tidak masuk surga orang yang memutus silaturahmi. Berusahalah untuk menyambung silaturahmi, meskipun orang itu memutusnya. Bagi yang menyambung silaturahmi akan mendapat pahala, bagi yang memutus silaturahmi akan mendapat dosa.


Jika masuk ke masjid yang kosong, ucapkan Assalamualaina waalaibadissholihin.


Tidak boleh menjabat tangan seorang pria kepada seorang wanita yang bukan muhrimnya. Tapi dianjurkan berjabat tangan kepada sejenisnya berlama-lama agar digugurkan dosanya.


Diperbolehkan salam hingga mencium tangannya kepada ulama dan orangtua.


Kepada nonmuslim yang mengucapkan salam, hendaknya dijawab...

Terjadi khilafiyah,

Jika ahli kitab maka jawab waalikumussalam.

Adapula pendapat yang menyebutkan nonmuslim apapun itu dijawab wa'alaikum.


Dalam mengidentifikasi dalam menjawab salam, hendaknya kepada yang dikenali muslim saja jawab lengkap. Selain itu jawab wa'alaikum.


Rasulullah bersabda : Jangan mengucapkan salam kepada ahli kitab. Bahkan jika bersimpangan, halangilah jalannya. 


Dalam perpesanan seperti whatsapp, diperbolehkan mengucapkan salam dan hendaknya dijawab juga dengan lengkap dan jangan disingkat .


Para ulama memperbolehkan mengucapkan salam menggunakan salam universal, seperti selamat pagi.


Allahualam bisshowab.

You May Also Like

0 komentar